Aplikasi Permainan Tradisional dalam Menumbuhkan Motivasi Pada Pembelajaran PJOK SDN 096/VIII Sumber Agung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Hal ini mengakibatkan kegiatan olahraga tidak berjalan dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi pada pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Objek penelitian yang digunakan, yaitu siswa kelas V yang berjumlah 32 responden dan guru PJOK yang berjumlah 1 responden. Pengukuran data pada penelitian ini menggunakan skala likert dan diolah menggunakan rumus rata-rata presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi permainan tradisional dapat menumbuhkan motivasi pada pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase setiap indikator bahwa: 1) indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil diperoleh skor persentase sebesar 92 % dengan kategori sangat baik, 2) indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 3) indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 93 % dengan kategori sangat baik, 4) indikator adanya penghargaan dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 5) indikator adanya kegiatan yang menarik dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 6) indikator adanya lingkungan belajar yang kondusif diperoleh skor persentase sebesar 90 % dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian secara keseluruhan menyatakan bahwa hasil persentase penelitian sebesar 91% yang masuk dalam interval 81% - 100% dan memiliki kategori sangat baik.)
Rincian Artikel
Referensi
Butarbutar, N. C., Hasibuan, A. M., Utami, N. D., Annisa, S., & Siddik, F. (2024). Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. 3.
Fadhillah Gustaman, R. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Ginting, A. M., Hutauruk, A. F., & Hasugian, J. H. (2024). Pelatihan Dan Pengembangan Metode Pembelajaran Inquiry Learning Dengan Pendekatan Inquiry-Based Open Resource Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Di Mas Al - Khairiyah Pematang Siantar. 4, 395–401.
Indik Syahrabanu, R. P. (2023). Jurnal dunia pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Pratiwi, E. (2018). Dasar-dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar.
Rachman, F., Ramadhan, Z. F., Armanjaya, S., Gumantan, A., Yuliandra, R., & Rifqi, M. (2023). Pelestarian Olahraga Tradisional Melalui Festival Permainan Tradisional Se-Kota Bandar Lampung. PROFICIO: Jurnal Pengabadian Kepada Masyarakt, 4(No.2), 2.
Sahirah, N. N., Suryana, A., Sutarsih, C., & Nurdin, D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Supervisi Pembelajaran untuk Mengingkatkan Kualitas Guru di Abad 21. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.17977/um027v7i12024p89
sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Kesekolah Dasar. Pgsd Stkip Pgr, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.33654/pgsd
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843