Aplikasi Permainan Tradisional dalam Menumbuhkan Motivasi Pada Pembelajaran PJOK SDN 096/VIII Sumber Agung

Isi Artikel Utama

Dimas Tunggal Putra
Ikhsan Maulana Putra
Jhony Hendra

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Hal ini mengakibatkan kegiatan olahraga tidak berjalan dengan baik dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi pada pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Objek penelitian yang digunakan, yaitu siswa kelas V yang berjumlah 32 responden dan guru PJOK yang berjumlah 1 responden. Pengukuran data pada penelitian ini menggunakan skala likert dan diolah menggunakan rumus rata-rata presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi permainan tradisional dapat menumbuhkan motivasi pada pembelajaran PJOK di SDN 096/VIII Sumber Agung. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase setiap indikator bahwa: 1) indikator adanya hasrat dan keinginan berhasil diperoleh skor persentase sebesar 92 % dengan kategori sangat baik, 2) indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 3) indikator adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 93 % dengan kategori sangat baik, 4) indikator adanya penghargaan dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 5) indikator adanya kegiatan yang menarik dalam belajar diperoleh skor persentase sebesar 91 % dengan kategori sangat baik, 6) indikator adanya lingkungan belajar yang kondusif diperoleh skor persentase sebesar 90 % dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian secara keseluruhan menyatakan bahwa hasil persentase penelitian sebesar 91% yang masuk dalam interval 81% - 100% dan memiliki kategori sangat baik.)

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Butarbutar, N. C., Hasibuan, A. M., Utami, N. D., Annisa, S., & Siddik, F. (2024). Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. 3.

Fadhillah Gustaman, R. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Ginting, A. M., Hutauruk, A. F., & Hasugian, J. H. (2024). Pelatihan Dan Pengembangan Metode Pembelajaran Inquiry Learning Dengan Pendekatan Inquiry-Based Open Resource Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Di Mas Al - Khairiyah Pematang Siantar. 4, 395–401.

Indik Syahrabanu, R. P. (2023). Jurnal dunia pendidikan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(November), 67–78. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Pratiwi, E. (2018). Dasar-dasar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar.

Rachman, F., Ramadhan, Z. F., Armanjaya, S., Gumantan, A., Yuliandra, R., & Rifqi, M. (2023). Pelestarian Olahraga Tradisional Melalui Festival Permainan Tradisional Se-Kota Bandar Lampung. PROFICIO: Jurnal Pengabadian Kepada Masyarakt, 4(No.2), 2.

Sahirah, N. N., Suryana, A., Sutarsih, C., & Nurdin, D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Supervisi Pembelajaran untuk Mengingkatkan Kualitas Guru di Abad 21. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 89. https://doi.org/10.17977/um027v7i12024p89

sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Usia Kesekolah Dasar. Pgsd Stkip Pgr, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.33654/pgsd

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843