PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 192/II SUNGAI BULUH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Quantum Teaching terhadap peningkatan proses dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 192/II Sungai Buluh. Rendahnya prestasi belajar (37%) akibat pembelajaran konvensional menjadi latar belakang penelitian ini. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru dari 54,54% menjadi 90,90% dan prestasi belajar dari 81,81% menjadi 95,45%. Aktivitas siswa secara konsisten berada di antara baik dan sangat baik. Model Quantum Teaching, dengan tahapan "tumbuh, alami, namakan, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan," telah terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini memberikan alternatif inovatif untuk pembelajaran konvensional dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dasar.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Hakim, F. R. (2021). Urgensi Model Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 15(1), 1. https://doi.org/10.36667/tf.v15i1.698
Jamalina, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mapel Fiqih Materi Infak Dan Sedekah Melalui Media Flipchart Kelas V Mis Al-Iqra. Jurnal Siklus, 1(2), 16–28.
Malika, A. S., Febriza, I. N. Z., & Alifiyarizqi, R. (2024). Pengembangan Profesi (Vol. 2).
Manik, W., Ivanatha, A. G., Syuhada, H., Maldini, Y., Islam, M. F., & Rambe, Z. F. (2025). Quantum Teaching Dan Quantum Learning Dalam Pembelajaran. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 336–346. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.697
Nurdiansyah, A. (2019). Penerapan Pendekatan Quantum Teaching-Learning Dalam Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mempawah. Jurnal SAP, 8(6), 1–11.
Pratama, fidya arie. (2018). penerapan pembelajaran Quantum melalui strategi TANDUR.pdf. In jurnal ilmiah EDUKASI (Vol. 6, Issue 1, pp. 183–192).
Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866
Talle, N., Quraisy, H., & Rahman, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri 178 Tulekko Kab . Bulukumba. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 23–42.
Triningsih, T., Purwanto, B. E. P., & Mulyono, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes. Journal of Education Research, 5(1), 896–901. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.932
Tugiman. (2020). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SDN 199/X PETALING. Literasiologi, 2(2), 1–9.
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261
Zakaria, I., Suyono, S., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15072
Zubaili, Z., & Mahmud, S. (2024). Penerapan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 425–432. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1062