WORKSHOP ANIMASI dan MULTIMEDIA EDUKATIF untuk GURU SD

Isi Artikel Utama

Sundahry sundahry
Yogi Irdes Putra
Nur Afriyanti Daulay

Abstrak

Perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan multimedia dalam proses pembelajaran yang inovatif dan menarik. Media animasi dan multimedia edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah pemahaman konsep abstrak, serta menciptakan pengalaman belajar yang interaktif di sekolah dasar. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak guru SD yang belum memiliki keterampilan dalam membuat konten multimedia edukatif yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar. Keterbatasan ini berdampak pada kurangnya variasi media pembelajaran dan rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahapan utama. Tahap pertama adalah survei awal untuk mengidentifikasi profil guru peserta, kemampuan teknologi yang dimiliki, dan kebutuhan pengembangan media pembelajaran multimedia. Hasil survei menjadi dasar penyusunan materi workshop yang sesuai dengan kebutuhan peserta. Tahap kedua adalah pelaksanaan workshop intensif selama dua hari, terdiri atas empat sesi utama: pengenalan konsep animasi dan multimedia edukatif, pelatihan penggunaan aplikasi Powtoon, Canva, dan Animaker, pembelajaran prinsip desain konten multimedia yang efektif, serta praktik pembuatan proyek animasi sesuai mata pelajaran masing-masing dengan pendampingan fasilitator. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan guru dalam memahami dan menerapkan animasi multimedia dalam pembelajaran. Sebanyak 95% peserta berhasil menghasilkan proyek animasi edukatif yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu. Ke depan, guru diharapkan mampu mengembangkan lebih banyak konten multimedia edukatif untuk menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan bermakna bagi siswa sekolah dasar

Rincian Artikel

Bagian
Articles