Penggunaan Pop Up Book Digital Bermuatan Budaya Lokal dalam Pembelajaran Lintas Mata Pelajaran: Implementasi dan Hambatan

Main Article Content

DHINI MUFTI
Aprinaldo

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan media Pop Up Book Digital menghancurkan budaya lokal dalam pembelajaran lintas mata pelajaran di sekolah dasar, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru selama penerapannya di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas guru-guru sekolah dasar yang telah mengikuti pelatihan pembuatan media Pop Up Book Digital memuat budaya lokal di SDN 88/ II Sei Mengkuang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pop Up Book Digital mampu memperkaya lintas pembelajaran mata pelajaran seperti IPS, Bahasa Indonesia, SBdP, dan PPKn dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya daerah setempat. Namun penelitian juga menemukan beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas teknologi, rendahnya kompetensi digital sebagian guru, serta keterbatasan waktu dalam pengembangan media. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa media Pop Up Book Digital memuat budaya lokal berpotensi besar mendukung pembelajaran sepanjang mata pelajaran, asalkan diikuti oleh dukungan pelatihan berkelanjutan dan peningkatan sarana digital di sekolah dasar.


Kata Kunci: Pop Up Book Digital, Budaya Lokal, Pembelajaran Lintas Mata Pelajaran, Implementasi, Hambatan Guru.

Article Details

Section
Articles