FOCUS

Galur Pendidikan IPS adalah jurnal ilmiah yang dikelola untuk memfasilitasi publikasi hasil penelitian, kajian teoritis, dan praktik inovatif dalam bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal ini bertujuan menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, guru, mahasiswa, dan praktisi pendidikan untuk berbagi gagasan, temuan, dan pengalaman yang relevan dengan pembelajaran IPS pada berbagai jenjang pendidikan.

SCOPE

  1. Inovasi Pembelajaran IPS
    Pengembangan model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran berbasis digital, blended learning, project-based learning, inquiry learning, serta pembelajaran berbasis masalah. Termasuk pemanfaatan teknologi pendidikan, media interaktif, dan kecerdasan buatan dalam pembelajaran IPS.
  2. Kurikulum dan Asesmen IPS
    Kajian kurikulum IPS di berbagai jenjang pendidikan, serta inovasi asesmen autentik, asesmen berbasis kompetensi, dan asesmen literasi sosial yang relevan dengan perkembangan peserta didik.
  3. Pendidikan IPS di Sekolah Dasar (SD)
    Pengembangan materi, metode, dan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak usia Sekolah Dasar. Fokus pada literasi sosial, kewargaan, lingkungan, dan ekonomi, serta pembentukan nilai, sikap, dan keterampilan sosial dasar.
  4. Pengembangan Kompetensi Abad 21 dalam IPS
    Penerapan pembelajaran IPS untuk meningkatkan literasi digital, kolaborasi, kreativitas, berpikir kritis, dan problem solving. Kajian juga meliputi peran IPS dalam membentuk life skills peserta didik di era global.
  5. Pendidikan Karakter, Kewargaan, dan Multikultural
    Membahas pendidikan karakter, demokrasi, nasionalisme, toleransi, dan keberagaman budaya dalam pembelajaran IPS. Termasuk kajian IPS sebagai wahana pembentukan identitas kebangsaan dan penguatan peran peserta didik sebagai warga negara global.
  6. Profesionalisme Guru IPS
    Pengembangan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru IPS, termasuk guru Sekolah Dasar. Mencakup inovasi dalam pendidikan guru, lesson study, penelitian tindakan kelas, serta praktik reflektif guru IPS.
  7. Isu Kontemporer dalam Pendidikan IPS
    Kajian pendidikan IPS berbasis isu global, seperti perubahan iklim, keberlanjutan, konflik sosial, kewirausahaan, dan transformasi digital. Juga membahas peran IPS dalam membentuk kesadaran sosial, kepedulian lingkungan, dan tanggung jawab kewargaan.