The Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Pergaulan Sosial Terhadap Perilaku Peserta Didik Di SMKN 5 Tebo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone dan pergaulan sosial terhadap perilaku peserta didik kelas X di SMKN 5 Tebo. Latar belakang penelitian didasarkan pada fenomena meningkatnya penggunaan smartphone di kalangan remaja serta pentingnya pergaulan sosial dalam pembentukan perilaku. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 69 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji t parsial dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku peserta didik (t hitung = 1,598 < t tabel = 1,997; sig. = 0,115 > 0,05). Sebaliknya, pergaulan sosial memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku peserta didik (t hitung = 3,564 > t tabel = 1,997; sig. = 0,001 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor sosial lebih dominan dalam membentuk perilaku siswa dibandingkan penggunaan smartphone.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ratna Wijayanti Daniar Paramita, S.E., M.M. Noviansyah Rizal, S.E., M.M., Ak, CA, CFrA. Riza Bahtiar Sulistyan, S.E., M. . (2021). Metode penelitian kuantitatif.
Fitria, G. F., & Muthi, I. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Digital Interaktif Pada Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone. Https://Ejournal.Lumbungpare.Org/Index.Php/Jim/Index, 2(8), 360–364.
Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866
Rahmad, R. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Sosial Siswa. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 154–160. https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p154-160
Ridoh, A., & Putra, Y. I. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Dokumen Layanan Publik Berbasis Web Untuk Mempermudah Masyarakat Memperoleh Informasi Pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 4227–4235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1525
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sintha Wahjusaputri dan Anim Purwanto. (n.d.). statistika pendidikan teori dan aplikasi.
Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2025). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. 2019, 139–149.