Pengembangan Modul Berbantuan Augmented Reality Pada mata pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Muara Bungo

Isi Artikel Utama

Dagu Nurhaliza Fitri Indra
Yogi Irdes Putra
Fitri Yanti

Abstrak


  1. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbantuan Augmented Reality (AR) sebagai media inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Informatika pada materi perangkat keras di kelas VII SMP Negeri 1 Muara Bungo. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Instrumen penelitian mencakup lembar validasi ahli materi dan desain, angket praktikalitas bagi guru dan siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Temuan penelitian menunjukkan bahwa modul ini sangat valid (skor: 92,55% ahli materi, 86,85% ahli desain), sangat praktis (89% guru, 85,6% siswa), dan efektif (ketuntasan klasikal 87%, uji‑t berpasangan = 7,024, menunjukkan peningkatan signifikan antara pretest dan posttest). Penelitian dibatasi pada materi perangkat keras dan jenjang kelas VII, sehingga generalisasi ke mata pelajaran atau tingkat pendidikan lain perlu kehati‑hatian. Secara praktis, modul ini menyediakan media pembelajaran interaktif yang meningkatkan motivasi dan kemudahan belajar. Secara sosial, penelitian ini mendukung penerapan teknologi pendidikan di lingkungan sekolah dasar. Nilainya terletak pada penggabungan modul cetak dengan AR berbasis kebutuhan lokal, menawarkan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan relevan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Digital dalam mengatasi masalah pembelajaran dimasa pandemi. Pemanfaatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi, 2(4), 1147–1152.

Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263

Herzegovina, L., Perangin-Angin, L. M., Simbolon, N., Sitohang, R., & Mailani, E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 9 Subtema 3 SDN 107418 Bangun Sari Baru T.A 2022/2023. 3, 82–91.

Indahsari, L., & Sumirat, S. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Interaktif. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i1.20

Marlianto, F., Oktarika, D., Rasyid, B., Fajar Friandi, R., Mardinata, A., Ananto Putra, D., saputra, E., & PGRI Pontianak, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Pengenalan Perangkat Lunak Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singkawang. Mutiara Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 134–144.

Putra, Y. I., Fadli, R., & Dahry, S. (2023). Meta analyzing the ease of use of e-modules in learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(3), 338–343. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.62229

Safitri, N. T., Tersta, F. W., Melati, M., Mayasari, M., & Kurniawan, D. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terintegrasi Kearifan Lokal Bagi Guru SMP Kota Jambi. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 493–499. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.545

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.