PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTU KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III DI SDN 130/II PASIR PUTIH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas III di SDN 130/II Pasir Putih akibat kurangnya partisipasi aktif siswa dan dominannya metode ceramah yang menyebabkan siswa pasif. Penelitian bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbantu kartu bergambar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 15 peserta didik kelas III. Data dikumpulkan melalui lembar observasi serta soal evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan keterlaksanaan pembelajaran dari 66,67% (cukup) pada siklus I menjadi 94,44% (sangat baik) pada siklus II. Keterlibatan siswa meningkat secara klasikal dengan 86,67% siswa mencapai KKTP. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbantu kartu bergambar terbukti efektif meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar Pendidikan Pancasila.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Damayanti, A., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 2 Pelemkerep Pada Muatan Ppkn. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 518–527. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1632
Hadi, M. S., & Metroyadi. (2023). Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa, Menggunakan Kombinasi Model PBL, Discovery Learning dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 866–875.
Kasim, E. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Tematik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 207. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.207-214.2019
Lukman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Peningkatan Motivasi, Partisipasi Belajar Siswa serta Kreativitas di SMA Negeri 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal Ilmiah Rinjani, 7(1), 167–183.
Nasution, N. A., Is, B., & Siregar, T. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Pada Siswa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ar-Ridho Tanjung Mulia. Qalam Lil Athfal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.58822/qla.v1i1.43
Putra, Y. I. (2025). Technopreneurship and Work Motivation: The Key to Job Readiness of Information Technology Science Students in the Digital Era. Proceeding of International Seminar On Student Research In Education, Science, and Technology, 2, 353–361.
Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866
Rahmatullah, & Kurniati, F. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI NW 1 KEMBANG KERANG Rahmatullah 1. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 54–74.
Safitri, Y. I., Hidayat, N., & Kurniasih, T. I. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Tahun Pelajarn 2021-2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1(1), 95–106.
Sahrul, Marfu, S., Amaliyah, S., Jari, W., Khotimah, H., & Nabilah, S. V. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Aud di TK Kusuma Indonesia Kabupaten Temanggung. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 1–9.
Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 560–566. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179
Susilawati. (2021). Penggunaan Model Talking Stick Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran di SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Karakter, 1(1), 75–78.
Trihartoto, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar. International Journal of Elementary Education, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24391