Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran jaringan komputer di SMK Budi Luhur
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran jaringan komputer dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di
SMK Budi Luhur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam
pembelajaran jaringan komputer di SMK Budi Luhur disebabkan oleh beberapa hal, yaitu hasil
belajar siswa tidak seimbang, lambat dalam mengerjakan tugas, siswa menunjukkan sikap yang
tidak wajar, dan siswa melakukan perilaku yang menyimpang. Selain itu, kesulitan belajar siswa
juga dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Antariksa, M. D. S., & Aranta, A. (2022). Analisis Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) Di Rumah Sakit UNRAM. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 3(2), 201212. https://doi.org/10.29303/jbegati.v3i2.748
Fitriansyah, A., & Suryadi, S. (2021). Rancangan E-Repositori Untuk Mendukung Knowledge Management System (Kms) Pada Sma Pgri 24 Jakarta. Jris: Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma, 1(2), 2430. https://doi.org/10.56486/jris.vol1no2.91
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di Smk. Jurnal Informatika, 8(1), 3644. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 71587163.
Suharta, I. G. P., Parwati, N., & Prameswara, P. B. (2024). Pembelajaran berbantuan media-interaktif bagi para guru di singaraja. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(November), 905914.
Suryantoro, H., Sopian, A., & Dartono. (2021). Swadharma (jeis). 01(01).
Tangkowit, A. E., Palilingan, V. R., & Liando, O. E. S. (2021). Analisis Dan Perancangan Jaringan Komputer Di Sekolah Menengah Pertama. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 69–82. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1044
Taufiqurokhman, T., Satispi, E., Murod, M., Izzatusholekha, I., Andriansyah, A., & Samudera, A. A. (2023). Kebijakan Pemerintah Memajukan Kualitas Sumber Daya Manusia Unggul. Swatantra, 21(2), 189. https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.189-205
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569