PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 192/II SUNGAI BULUH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Quantum Teaching terhadap peningkatan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V SDN 192/II Sungai Buluh. Rendahnya ketuntasan belajar (37%) akibat pembelajaran konvensional menjadi latar belakang penelitian. Metode menggunakan Penelitian Kelas Tindakan (PTK) dua siklus dengan 22 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan kinerja guru dari 54,54% menjadi 90,90% dan ketuntasan belajar dari 81,81% menjadi 95,45%. Aktivitas siswa konsisten pada kategori baik hingga sangat baik. Model Quantum Teaching dengan tahapan tumbuhkan, alami, namai, pemaksakan, ulangi, dan rayakan terbukti efektif menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini memberikan alternatif inovatif untuk mengatasi pembelajaran konvensional dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Hakim, F. R. (2021). Urgensi Model Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 15(1), 1. https://doi.org/10.36667/tf.v15i1.698
Jamalina, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mapel Fiqih Materi Infak Dan Sedekah Melalui Media Flipchart Kelas V Mis Al-Iqra. Jurnal Siklus, 1(2), 16–28.
Malika, A. S., Febriza, I. N. Z., & Alifiyarizqi, R. (2024). Pengembangan Profesi (Vol. 2).
Manik, W., Ivanatha, A. G., Syuhada, H., Maldini, Y., Islam, M. F., & Rambe, Z. F. (2025). Quantum Teaching Dan Quantum Learning Dalam Pembelajaran. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 336–346. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.697
Nurdiansyah, A. (2019). Penerapan Pendekatan Quantum Teaching-Learning Dalam Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Mempawah. Jurnal SAP, 8(6), 1–11.
Pratama, fidya arie. (2018). penerapan pembelajaran Quantum melalui strategi TANDUR.pdf. In jurnal ilmiah EDUKASI (Vol. 6, Issue 1, pp. 183–192).
Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866
Talle, N., Quraisy, H., & Rahman, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri 178 Tulekko Kab . Bulukumba. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 23–42.
Triningsih, T., Purwanto, B. E. P., & Mulyono, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes. Journal of Education Research, 5(1), 896–901. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.932
Tugiman. (2020). PENERAPAN SUPERVISI KLINIS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SDN 199/X PETALING. Literasiologi, 2(2), 1–9.
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261
Zakaria, I., Suyono, S., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15072
Zubaili, Z., & Mahmud, S. (2024). Penerapan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(04), 425–432. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1062