PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEAHCING

Isi Artikel Utama

Ananta Syakilla Abrisaputri
Abdullah
Dhini Mufti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas V SDN 127/II Sungai Arang. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan ketuntasan belajar dari 40% pada Siklus I menjadi 100% pada Siklus II. Kinerja guru meningkat dari 88,88% menjadi 100%, sementara aktivitas siswa kategori sangat baik meningkat dari 6,66% menjadi 60%. Model CTL terbukti efektif menciptakan pembelajaran bermakna dengan menghubungkan konsep sains dengan kehidupan nyata siswa, memberikan implikasi praktis bagi peningkatan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Apriani, S., Sudin, A., & Panjaitan, R. L. (2017). Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Perubahan Sifat Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 401–410. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10675

Arsoni, S. B. (2025). Meningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Adonara Barat Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1813–1820. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i3.635

Dwijayanti, N. M. A., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Pada Mata Pelajaran IpsUntuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IvSd Negeri 1 Manikyang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 607–621. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21008

Fatmala, S. A., Sujana, A., & Maulana, M. (2017). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD Kelas V pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 211–220. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10656

Hafizah, N., & Rakhmania, R. (2024). Dampak Program Penguatan Literasi pada Hasil Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 171–179.

Irsan. (2021). Jurnal BASICEDU. Implementasi Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar, 1(1), 3(2), 524–532.

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Nuriyah, S., Yanto, A., & Yuliati, Y. (2019). Pentingnya Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional …, 8(8), 641–648.

Putra, Y. I. (2025). Technopreneurship and Work Motivation: The Key to Job Readiness of Information Technology Science Students in the Digital Era. Proceeding of International Seminar On Student Research In Education, Science, and Technology, 2, 353–361. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866

Sayekti, I. C. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256

Yunita, L., & Mandasari, N. (2025). Pendidikan Sains Berorientasi Keterampilan Abad 21 dalam Konteks Pendidikan Tinggi: Review (Science Education Oriented Toward 21st-Century Skills in Higher Education: A Review.). Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan, 5(1), 40–49.

Zuhra, P., Rahmawati, & Hasanah, Z. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Animasi pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Peusangan Siblah Krueng. Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, 11(1), 1–6.