The

Isi Artikel Utama

Vivi Revinasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan model pembelajaran PBL yang didukung oleh ChatGPT mempengaruhi kreativitas dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMPN 30 Tebo. Tipe penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yang menggunakan desain kelompok yang sudah ada. Sampel terdiri dari semua siswa kelas VIII SMPN 30 Tebo yang berjumlah 84 siswa, dari mana 46 siswa dipilih dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup kuesioner untuk menilai kreativitas siswa serta ujian untuk mengukur capaian belajar yang telah diuji validitas dan konsistensinya. Analisis data dilakukan melalui pengujian normalitas, homogenitas, dan independent sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak signifikan dari pelaksanaan model pembelajaran PBL yang didukung ChatGPT terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Bukti dari temuan ini terlihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi di bawah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dengan dukungan ChatGPT dapat meningkatkan baik kreativitas maupun hasil belajar siswa dalam materi informatika..


 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amananti, W. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS XI DI SMAN 2 MUARA BUNGO. 4(02), 7823–7830.

Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730.

Jasmine, N., & Supriatna, N. (2022). Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Video Digital pada Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/factum.v11i1.45894

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Panjaitan, K. L., Sinurat, J. M., Isma, Tarigan, Y., & Gustianingsih. (2024). Pengaruh ChatGPT Terhadap Pengerjaan Tugas Kuliah Pada Mahasiswa di Era Society 5.0. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 5(1), 1–19.

Pradita, E., Megawanti, P., & Indraprasta PGRI, U. (2023). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. Original Research, 3(80), 109–118.

Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866

Saputri, A. E., & Prasetyawati, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Chat GPT Terhadap Efisiensi Komunikasi Pada Karyawan PT Modern Abadi. JURIHUM : Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(5), 679–693.

Soegihartono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tahu Bakso Khanza Lana Semarang Timur). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(1), 214–231.