PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X DKV SMKN 5 BUNGO

Isi Artikel Utama

surya_anugrah saguh

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Komunikasi Visual kelas X DKV di SMKN 5 Bungo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar serta capaian hasil belajar siswa yang masih berada di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sehingga diperlukan model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa.


Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 15 siswa yang diambil secara sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar serta tes soal untuk menilai hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji hipotesis dengan One Sample T-Test untuk minat belajar, dan Wilcoxon Signed Rank Test untuk hasil belajar.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa, dibuktikan dengan nilai thitung 45,616 lebih besar dari ttabel 2,145 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai dari 54,33 (pretest) menjadi 74 (posttest) dengan selisih 19,67, meskipun ketuntasan klasikal baru mencapai 67%. Dengan demikian, penerapan Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci: PBL, Minat Belajar, Hasil Belajar, Desain Komunikasi Visual

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Made Ika Priyanti, N., & Nurhayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 96–101.

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Munandar, R. N. R. (2022). PBL Berbantuan Video animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 2002, 233–238.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Paradila Paradila, Dwita Frisdinawati, & Putri Milanda Bainamus. (2024). Dampak Sosial dan Ekonomi Pandemi Covid-19 Terhadap Pedagang Buah Di Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Tanaman, 3(1), 64–76. https://doi.org/10.55606/jurrit.v3i1.209

Parinsi, M. T., Mewengkang, A., & Rantung, T. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 227–240. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1340

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yamin, Martinis. 2020. Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (Gp Press Group).