The Pengaruh Konten Edukatif Melalui Aplikasi TikTok Dan Motivasi Belajar Informatika Terhadap Pola Pikir Kreatif Siswa Kelas VIII MTsN 7 Bungo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konten Edukatif dan Motivasi Belajar mempengaruhi cara berpikir kreatif siswa kelas VIII di MTsN 7 Bungo. Untuk penelitian ini, digunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang sudah diuji untuk melihat kevalidan dan keandalannya. Sebelum melakukan analisis regresi, data diuji menggunakan uji keandalan dengan Cronbach’s Alpha lebih dari 0,6, yang menunjukkan bahwa alat ukur yang digunakan dapat diandalkan. Selanjutnya, dilakukan uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) untuk memastikan data terdistribusi normal (Sig. lebih dari 0,05) dan uji linearitas untuk membuktikan bahwa ada hubungan linier antar variabel (Sig. lebih dari 0,05). Hasil dari uji hipotesis parsial (uji t) menunjukkan bahwa, secara terpisah, baik Konten Edukatif maupun Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap cara berpikir kreatif. Namun, dalam analisis regresi berganda, hanya Motivasi Belajar yang terbukti memiliki pengaruh signifikan, sementara Konten Edukatif tidak menunjukkan pengaruh signifikan meskipun menunjukkan arah pengaruh positif. Nilai R Square sebesar 0,400 artinya Konten Edukatif dan Motivasi Belajar bisa menjelaskan 40% variasi dalam cara berpikir kreatif, sedangkan 60% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Motivasi Belajar adalah faktor utama yang mempengaruhi cara berpikir kreatif siswa, sementara Konten Edukatif berperan lebih sebagai faktor pendukung.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Dahry, S., Avana, N., A, A., & J, J. (2020). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Course Review Horay (Crh) Di Kelas Iv Sd N 65/Ii Sungai Bangsat Kecamatan Pelepat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 49–55. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.358
Ratna Wijayanti Daniar Paramita, S.E., M.M. Noviansyah Rizal, S.E., M.M., Ak, CA, CFrA. Riza Bahtiar Sulistyan, S.E., M. . (2021). Metode penelitian kuantitatif.
Hikmawati, M., & Rahayu, P. B. (n.d.). BELAJAR SISWA MELALUI INSTAGRAM Educational Content : Increasing Student Learning Motivation Through Instagram. 98–106.
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. alfabrta. https://doi.org/https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-sugiyono
Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413