PENGARUH METODE PJBL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK DI SMPIT AL-AKHYAR KELAS VII English

Isi Artikel Utama

Fitrah Udin

Abstrak

Efektivitas pembelajaran sangat bergantung pada ketepatan strategi metode yang digunakan. Dalam proses pembelajaran, peran pendidik sangat krusial dan menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Oleh karena itu, berbagai metode pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Project Based Learning (PjBL) terhadap minat belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran TIK di kelas VII SMPIT Al-Akhyar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif Ekperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PjBL memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar dan kreativitas siswa. Siswa pada kelas eksperimen lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena terlibat langsung dalam penyelesaian proyek yang relevan dan bermakna. Selain itu, PjBL terbukti mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, serta menghasilkan karya kreatif yang mencerminkan pemahaman materi. Penerapan PjBL dilakukan melalui langkah-langkah sistematis, mulai dari perumusan pertanyaan proyek, perencanaan, penyusunan jadwal, pemantauan, presentasi hasil, hingga refleksi. Proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar ini berhasil meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa secara signifikan.


Kata Kunci: Project Based Learning, minat belajar, kreativitas.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Amiruddin, H. (2020). Pengantar psikologi pendidikan. Universitas Malikussaleh Press. https://repository.unimal.ac.id/7131/1/Pengantar%20Psikologi%20Pendidikan_safwan%20amin.pdf

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta.

Halik, A. (2012). Metode pembelajaran: Perspektif pendidikan Islam. Jurnal Al-Ibrah, 1(1), 45–57. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1097/contents

Handayani, P. H. (2017). Pengembangan kreativitas anak usia dini dalam keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2). https://repository.uinsaizu.ac.id/7861/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Hidayah, N., Hardika, H., Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi pendidikan. Universitas Negeri Malang. https://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/nur-hidayah-buku-Psikologi-Pendidikan-cover.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Project-based learning: Modul pembelajaran berorientasi HOTS. Kemendikbud. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/21381/1/Project-Based%20Learning.pdf

Machali, I., & Fauzi, M. S. (Eds.). (2021). Ensiklopedia tematik teori-teori pendidikan. UIN Sunan Kalijaga Press. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50345/

Maulana, F., & Laili, N. (2020). Analisis teori behavioristik (Edward Thorndike) dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1). https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/547

Murhadi, W. R. (2025). Metode penelitian: Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Ekuitas Publisher. https://www.researchgate.net/publication/389501071_Metode_Penelitian_Pendekatan_Kuantitatif_dan_Kualitatif

Rachmawati, U., Pradita, L. E., Ulyan, M., & Sotlikova, R. (2024). The implementation of project-based learning in higher education: A case study in the Indonesian context. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 12(1), 475–486. https://doi.org/10.33394/jollt.v12i1.8976

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik: Deskripsi dan tinjauan kritis. Nusamedia. https://bintangpusnas.perpusnas.go.id/konten/BK18846/teori-teori-belajar-dan-aplikasi-pembelajaran-motorik-deskripsi-dan-tinjauan-kritis

Santrock, J. W. (2014). Psikologi pendidikan = Educational psychology (Edisi terjemahan). Salemba Humanika. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/55466/1/PSIKOLOGI%20PENDIDIKAN.pdf

Turiyah, T. (2020). Analisis implementasi model project based learning (PjBL) dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak sekolah dasar. SHES: Conference Series, 3(1), 125–132.https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/71063