Ms PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN AI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 BUNGO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode pendidikan yang menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI) dapat meningkatkan inovasi dan prestasi akademis siswa dalam mata pelajaran Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 1 Bungo. Fokus dari studi ini adalah siswa kelas XI yang mempelajari dasar-dasar desain. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuasi dengan desain Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa, yang dibagi ke dalam dua kelompok: satu kelompok eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan satu kelompok kontrol yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur inovasi serta tes untuk menilai hasil belajar. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat apakah ada perbedaan yang berarti antara kelompok yang diujikan dan kelompok yang tidak diujikan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL yang didukung oleh AI memberikan efek positif terhadap inovasi dan prestasi akademis siswa. Inovasi dan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model PjBL dengan bantuan AI sangat efektif dalam meningkatkan inovasi dan hasil belajar siswa DKV di SMK Negeri 1 Bungo.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agnes Herlina Dwi Hadiyanti. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 1–11. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.20754
Araintini Novi. (2018). Tugas Individu Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar (Issue April).
Hoiriyah. (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Mendukung Kreativitas Murid SMK Negeri 1. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(4), 498–503. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1100
Hutapea, J. (2021). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 9(4), 54–60.
Mahmudah, I. (2025). Development Of A Project Based Learning Model Assisted By Artificial Intelligence (Ai) In Learning To Writing Scientific Works For Grade XI Students. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13, 81–96. https://doi.org/10.25299/geram.2025.22008
Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas Xi Di Sman 2 Muara Bungo. Αγαη, 15(1), 37–48.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sulaeman, I., & Mahpudin, A. (2024). Implementasi Platform Digital Artificial Intelligence (AI) sebagai Media Pembelajaran Desain Grafis untuk Mengetahui Respon Siswa Desain Komunikasi Visual di SMKN 1 Japara. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5400–5409. https://doi.org/10.54373 /imeij.v5i5.1781