Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran informatika SMP 5 muara bungo

Isi Artikel Utama

riska riska
Fauziah Fauziah
Ahmad Ridoh

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together terhadap Aktivitas belajar, (2) penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Heads Together terhadap Hasil belajar Informatika, dan (3) penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar peserta didik kelas VII Informatika di SMP N 5 Muara Bungo.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan jumlah sampel 44. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik angket, tes soal, dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji daya pembeda, uji Tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.


Berdasarkan uji independent t-test pada aktivitas belajar didapatkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 5,358 > t tabel 2,018 dan uji independent t-test pada hasil belajar didapatkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,531 > t tabel 2,018. Maka dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran informatika di SMP N 5 Muara Bungo.


Kata Kunci: Model Kooperatif, Number Head Together, Aktivitas dan Hasil Belajar

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS. GUEPEDIA. https://doi.org/https://share.google/Jn6bvMBo4uaVrcGYI

Marlia, M., Syaharuddin, S., Handy, M. R. N., Subiyakto, B., & Ilhami, M. R. (2022). Changes in the Behavior of the Riverside Community of Banua Anyar Village towards River Management Policies. The Kalimantan Social Studies Journal, 4(1), 48. https://doi.org/10.20527/kss.v4i1.5617

Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Masjid, A. Al, Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262

Hotmaulina Sihotang, M. P. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta.

Prof.dr.sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. alfabrta. https://doi.org/https://id.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866

Reba, Y. A., & Sirjon. (2022). Filsafata Pendidikan. November, 1–67.

Rohim, I. R. F. (2023). Studi Meta-Analisis Efektivitas Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht ) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.

Saniah, S., Fahrudin, & Nugraha, R. H. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Penggerak Kota Bandung. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 1–14.

Sarjana, P. P. (2024). SUPRIYADI TESIS LENGKAP pakai landasan teori.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., B. Silitonga, I. D., Siahaan, A. L., Efipanias Manihuruk, L. M., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). 937-Preface-2491-2-10-20240313.