The PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI KELAS X SMK SETIH SETIO 2 MUARA BUNGO

Isi Artikel Utama

Cipto Anugrah

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan guna menyelidiki ada atau tidak pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar kepada kinerja akademik peseerta didik di kelas X pada pelajaran TIK di SMK Setih Setio 2 Muara Bungo. Arti penting dari penelitian ini muncul dari adanya perbedaan dalam tingkat pencapaian belajar yang diduga dipengaruhi oleh tingkat motivasi belajar yang berbeda serta variasi gaya belajar di antara para siswa. Dari aspek teoritis, penelitian ini berlandaskan pada konsep motivasi belajar, berbagai tipe gaya belajar seperti visual, auditori, dan kinestetik, serta kriteria evaluasi hasil belajar. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis korelasional kausal. Populasi yang terlibat mencakup seluruh siswa kelas X, dengan teknik pengambilan sampel menerapkan total sampling. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner untuk mengukur motivasi belajar, kuesioner untuk gaya belajar, dan ujian kinerja belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis melalui regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar (t hitung melebihi t tabel dan Sig. kurang 0,05), sedangkan gaya belajar menunjukkan pengaruh positif tetapi tidak signifikan (t hitung kurang dari t tabel dan Sig. melebihi 0,05). Secara keseluruhan, kedua faktor ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar (nilai F hitung melebihi F tabel dan Sig. kurang 0,05). Maka, motivasi belajar diidentifikasi sebagai faktor krusial dalam mencapai hasil belajar maksimal, sedangkan gaya belajar memerlukan dukungan strategi dari guru agar dapat mencapai hasil yang ideal.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adelia Salsabila, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Dan Cara Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 21–34. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2300

Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 79. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Hamsar. (2017). The Effect of Learning Style on the Learning Outcomes of Class IX Students in Science Subjects in Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao. In Skripsi: UIN Alauddin Makasar.

Moreno, M., & Coban Cruz, C. M. (2015). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELASIV SD NEGERIPAJANG3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 Naskah.

Putra, Y. I. (2025). Technopreneurship and Work Motivation: The Key to Job Readiness of Information Technology Science Students in the Digital Era. Proceeding of International Seminar On Student Research In Education, Science, and Technology, 2, 353–361.

Putra, Y. I., Idrus, A., & Firman, F. (2024). Technology and entrepreneurship combine: Shaping an innovative future. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 5(3), 158–164. https://doi.org/10.20527/jee.v5i3.11866

Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Teni, & Agus Yudiyanto. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.73

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). The importance of learning motivation in improving student learning outcomes. ALFIHRIS : Journal of Educational Inspiration, 2(3), 61–68.