Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Accelerated Learning dengan Berbantu Media Power Point di Sekolah Dasar

Main Article Content

Nadila Nursafitri
Tri Wiyoko
Apdoludin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SDN 95/II Muara Bungo dengan menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning yang dibantu dengan Media PowerPoint. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Accelerated Learning dengan bantuan PowerPoint dapat meningkatkan proses pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan nilai observasi guru dan siswa pada setiap siklus. Pada siklus pertama, proses mengajar guru memperoleh rata-rata 73%, yang meningkat menjadi 84% pada siklus kedua. Selain itu, proses belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai 72% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Ketuntasan hasil belajar siswa juga meningkat, dari 74% pada siklus pertama menjadi 87% pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Accelerated Learning berbantuan PowerPoint efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas V SDN 95/II Muara Bungo.

Article Details

How to Cite
Nursafitri, N., Wiyoko, T., & Apdoludin. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Accelerated Learning dengan Berbantu Media Power Point di Sekolah Dasar. INNOVATIVE SCIENCE AND TECHNOLOGY LEARNING JOURNAL, 1(1), 23–27. Retrieved from https://ejournal.denusantara.id/index.php/istlj/article/view/112
Section
Articles

References

Apdoludin. (2022). Analisis Kritis Pengantar Pendidikan. Kebumen: CV. Intishar Publishing.

Arikunto, S., Suhartono, & Suryadi, D. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik (ed. ke-3). Jakarta: Rineka Cipta.

Dengo, A. (2018). Model pembelajaran IPA yang ideal di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10.

Fuad, M., & Permatasari, D. (2019). Pemanfaatan media PowerPoint untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 45–53.

Handayani, W. (2014). The effect of Accelerated Learning on students' academic achievement and cognitive development. Journal of Learning Innovations, 8(2), 122-136.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Meier, D. (2004). The accelerated learning handbook. New York: McGraw-Hill.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Putra, S. (2016). Accelerated learning in the classroom: Enhancing student engagement and understanding through real-life experiences. Journal of Educational Practices, 12(3), 45-58.

Rose, C., & Nicholl, M. J. (2009). Accelerated learning for the 21st century. New York: Dell Publishing.

Wijayanti, A. (2021). Model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 210–220.