Peningkatan Proses dan Hasil belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SDN 84/II Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan perencanaan ulang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian 18 siswa kelas V, terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 44%, namun pada siklus kedua meningkat signifikan menjadi 76%. Peningkatan ini sejalan dengan peningkatan kualitas proses pembelajaran, yang tercermin dalam peningkatan skor observasi pendidik dari 71% menjadi 80% dan proses peserta didik dari 64% menjadi 83%. Model PBL terbukti efektif dalam mendorong partisipasi aktif siswa, meningkatkan motivasi, dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi IPA. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA di SD, yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah lain yang menghadapi permasalahan serupa.
Article Details
References
Anugrahwati, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34-40.
Astriani, S., & Syahputra, A. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 9(2), 55-60.
Kunandar, A. (2011). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Suatu Alternatif untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Trahati, L. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. Gramedia.
Purwanto, N. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Aditya Media.
Wijaya, A., & Dedi, H. (2010). Model Kemmis dan McTaggart dalam Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Fajar.