Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Number Head Together (NHT) Berbantu Media Peta Konsep di Kelas V Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 199/II Koto Jayo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) yang didukung oleh media peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan: satu untuk pembelajaran dan satu lagi untuk evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada proses pembelajaran, yang tercermin dari peningkatan persentase observasi pendidik dan peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama, observasi pendidik mencapai 87,5% dan meningkat menjadi 93,83% pada siklus kedua. Observasi peserta didik juga menunjukkan peningkatan dari 69,44% menjadi 84,44%. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 60% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sementara pada siklus kedua, 93,3% peserta didik berhasil tuntas. Penerapan model NHT dengan media peta konsep terbukti efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPA, sehingga dapat menjadi alternatif metode yang efektif untuk pembelajaran di sekolah dasar.
Article Details
References
Arikunto, S., et al. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Kaharudin, K., & Hajeniati, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan media dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 60-61. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13310
Lestari, R., & Saputra, I. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(4), 766-773.
Mariana, E., & Praginda, E. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam: Konsep dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Megawati, M., & Subhanadri, S. (2019). Penerapan model Number Head Together untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 345-355. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i1.14384
Silaen, E. (2018). Desain Penelitian untuk Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudarwanto, W., et al. (2020). Penerapan model Number Head Together dengan media stimulasi gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 22(4), 88-92.
Sufriadi, A. (2022). Hasil observasi dan wawancara terkait pembelajaran IPA di SD Negeri 199/II Koto Jayo. (Laporan penelitian internal).
Yusuf, M. (2018). Pendidikan untuk Kebahagiaan: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Penerbit Cerdas