Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Make A Match di Sekolah Dasar

Main Article Content

Diva Alya
Tri Wiyoko
Puput Wahyu Hidyat

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh proses belajar mengajar di kelas terlalu berfokus pada guru, siswa hanya berperan sebagai penerima informasi dan rendahnya hasil belajar IPAS di kelas IV SDN 130/II Pasir Putih. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar IPAS menggunakan model Make A Match di kelas IV SDN 130/II Pasir Putih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu terdiri dari dua siklus masing – masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 130/II Pasir Putih data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan proses dan hasil belajar IPAS kelas IV SDN 130/II Pasir Putih. Rincian hasil observasi guru pada siklus I dengan rata – rata sebesar 77,27% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 90,90%  dengan kategori sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 65% kategori cukup dan siklus II sebesar 85% kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I 55% kriteria baik (tuntas) pada siklus II 80% kriteria baik (tuntas). Disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS.

Article Details

How to Cite
Alya, D., Wiyoko, T., & Wahyu Hidyat, P. (2025). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Make A Match di Sekolah Dasar. INNOVATIVE SCIENCE AND TECHNOLOGY LEARNING JOURNAL, 1(1), 19–22. Retrieved from https://ejournal.denusantara.id/index.php/istlj/article/view/23
Section
Articles

References

Berlian, Z. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Djajadi, Muhammad. 2019. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran (Anggota IKPI).

Djamrah, S. Zain, A. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusnadi. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Jawa Barat: Edu Publisher.

Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Makarim, Nadiem Anwar. 2019. Siaran Pers Nomor: 408/sipres/A5.3/XII/2019 Empat Pokok Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nawawi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Risdianto, Eko. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Syahputra, Edi. 2020. Snoball Throwing Tingkatan Minat dan Hail Belajar. Suka Bumi: Haura Publishing.