Analisis Perbandingan Kompetensi Guru dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) antara Indonesia dan Turki
Main Article Content
Abstract
Perbandingan Pendidikan antara Indonesia dan Turki menarik untuk dikaji karena keduanya memiliki latar belakang pendidikan, kebijakan, dan kondisi sosial yang berbeda. Indonesia dengan sistem pendidikan yang cenderung desentralistis dihadapkan pada tantangan pemerataan mutu guru di wilayah yang luas dan beragam. Sementara itu, Turki dengan sistem yang lebih sentralistis berupaya menjaga keseragaman standar kompetensi guru, meskipun menghadapi masalah implementasi di tingkat daerah. Tujuan dari penelitian ini Adalah untuk menganalisis perbandingan kompetensi guru dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB) antara Indonesia dan Turki. Penelitian ini menggunakan metode berupa studi literatur dengan pendekatan komparatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualifikasi guru di Indonesia dan Turki memiliki kualifikasi yang berbeda terutama pada tingkatan sekolah menengah atas/kejuruan. Program Induksi Guru Pemula di Indonesia beban kerjanya lebih ringan dan programnya lebih terarah, namun bersifat monoton, Sedangkan di Turki beban kerjanya lebih berat dan program kegiatan guru pemula lebih varaitif tetapi daya dukung instruktur/mentor belum memadai. Komunitas belajar untuk peningkatan kompetensi guru dan program keberlanjutan di Indonesia lebih mudah dipahami dan dijalankan, sedangkan program di Turki lebih komplek meski sudah berbasis kearifan sekolah. Sehingga di Turki masih banyak ditemukan kendala untuk pelaksanan program komunitas belajar. Selanjutnya, jaringan komunitas Virtual guru untuk meningkatkan komptensi dan program keberlanjutan guru di Indonesia dan Turki telah memiliki platform online. Platform di Indonesia lebih mudah dioperasionalkan karena waktunya lebih fleksibel dan konten yang ada sesuai dengan kebutuhan guru serta adanya pengakuan point untuk guru yang aktif menggunakan PMM. Sedangkan Platform di Turki lebih sulit untuk dioperasionalkan meski menu/fiturnya lebih lengkap dan jangkauan programnya lebih luas, sehingga platform ini tidak cukup efektif untuk meningkatkan komptensi guru di Turki dan tidak adanya pengakuan point ketika mengikuti pelatihan di Platform OBA.
Article Details
References
Agraini, T. R., Ummah, A. A., Waskito, W., & Yustisia, H. (2024). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMKN 1 Singingi Hilir. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 7(3), 1551–1559. https://doi.org/10.31004/jutin.v7i3.29827
Akkaya, A. (2023). Evaluation of Teacher Informatics Network ( ÖBA ) as an In- Service Distance Education Platform According to Teachers ’ Views International Journal of Educational Studies and Policy ( IJESP ). November. https://doi.org/10.5281/zenodo.10074370
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Bachtiar, B., & Dewi Nirmala, S. (2023). Exploring the Role of Professional Learning Community on Teacher’s Instructional Fits: A Voice of Indonesian Teachers. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(3), 511–522. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i3.709
Bellibas, M. S., Bulut, O., & Gedik, S. (2017). Investigating professional learning communities in Turkish schools: the effects of contextual factors. Professional Development in Education, 43(3), 353–374. https://doi.org/10.1080/19415257.2016.1182937
Ceylan, T. (2024). Dkab ve İmam-Hatip Meslek Dersleri Öğretmenlerinin Öğretmen Bilişim Ağı (ÖBA) ile İlgili Görüşleri. Bilimname, 51, 515–557. https://doi.org/10.28949/bilimname.1411940
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309. https://doi.org/10.1080/02619768.2017.1315399
Directorate, G., Training, O. F. T., In-, G. F. O. R., & Training, S. (2022). Ministry Of National Education General Directorate Of Teacher Training And Development Guideline For In- Service Training Activities.
Directorate General for Teacher Training and Development. (2017). General Competencies For Teaching Profession. Directorate General for Teacher Training and Development.
Farhan, A. A., & Lumban Gaol, P. (2024). Implementasi Program Induksi Bagi Guru Pemula Dalam Pengembangan Kompetensi Guru di SMA Negeri 8 Jakarta. Jurnal Sumber Daya Manusia Aparatur: Politeknik STIA LAN Jakarta, 6(1), 10–35.
Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan, R., Patria, H., TIM IKM Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tim IKM Ditjen PAUD dan Pendidikan Dasar & Menengah, Tim IKM Ditjen Pendidikan Vokasi, & Tim GovTech Edu. (2023). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (T. I. K. Merdeka (ed.)). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kep. https://mil-kv.guru.belajar.id/panduan-ikm/Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar.Pdf
Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (2023). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, 5(2), 37–50.
Jalal, F., Samani, M., Chang, M. C., Stevenson, R., Ragatz, A. B., & Negara, S. D. (2009). Teacher certification in Indonesia: A strategy for teacher quality improvement. World Bank.
Kaya, T. B., & Baki, A. (2023). A comparison of teacher induction systems in Türkiye, China, New Zealand, and Germany. Journal of Pedagogical Research, 7(3), 43–69. https://doi.org/10.33902/JPR.202318067
Karatas, K., & Cevik, M. S. (2021). Teachers’ professional development in Turkey: Policies and practices. International Journal of Educational Development, 80, 102333. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102333
Kemendikbudristek. (2024). Tentang Poin di Pengembangan Kompetensi untuk Guru. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/26037247064217-Tentang-Poin-di-Pengembangan-Kompetensi-untuk-Guru
Kementrian Pendidikan Nasional, M. P. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula. In Kementrian Pendidikan Nasional (Vol. 14, Nomor 2). http://landing.adobe.com/en/sea/products/acrobat/69210-may-prospects.html?trackingid=KTKAA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jendela Kemendikbud.
Khusna, R., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252–260. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.252-260
Ministry of National Education (MoNE). (2018). General competencies for the teaching profession. Ankara: Republic of Turkey, MoNE.
Nazir, Moh. Metode penelitian. Cet.II; Jakarta: Galia Indonesia, 1983
Özdoğan Özbal, E., & Gökçe, E. (2018). An Examination of Teacher Employment Policies in Turkey and Different Countries. Journal of Education and Future, 14, 169–180. https://doi.org/10.30786/jef.463771
Özer, M., & Suna, H. E. (2020). Professional development of teachers in Turkey: A critical evaluation of new initiatives. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 112–129.
ŞAHİN, S. (2020). Professional Learning Communities for Teachers: Opportunities and Challenges. In International Journal of Eurasian Education and Culture (Vol. 5, Nomor 8, hal. 109–143). https://doi.org/10.35826/ijoecc.64
Soysal, N. (2012). Review of Teacher Competency Studies in Turkey Department of Foreign Languages. American International Journal of Contemporary Research, 2(3), 104–108.
Sugiyanto, A. N., Sutama, & Wulandari, M. D. (2023). Program Induksi Guru Pemula di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1668–1679. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6912
Sulila, H., Badu, S. Q., Djafri, N., & Nina Lamatenggo. (2023). Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Manajerial guru. Penerbit Tanah Air Beta.
Suparman. (2020). Evaluasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 123–135.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Ar-Ruzz Media. https://books.google.co.id/books?id=8FXRnQEACAAJ
Winarsa, R., & RISE Programme Team. (2020). Systemic constraints facing teacher professional development in Indonesia (Working Paper). RISE Programme