Educational Frontiers: Theory, Practice, and Innovation adalah jurnal ilmiah internasional yang diterbitkan secara berkala untuk mempublikasikan hasil penelitian, kajian konseptual, serta inovasi dalam bidang pendidikan. Jurnal ini menjadi wadah bagi peneliti, pendidik, praktisi, dan pengembang kurikulum untuk berbagi temuan ilmiah yang berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di berbagai jenjang, baik pendidikan formal maupun non-formal.

Jurnal ini menekankan pengembangan pendidikan dari berbagai perspektif, meliputi landasan teori pendidikan, implementasi praktik pembelajaran, serta pemanfaatan inovasi dan teknologi terkini yang mendukung proses pendidikan yang efektif, inklusif, dan berkelanjutan.

Focus (Fokus Jurnal)

  • Penelitian dan inovasi dalam metode pembelajaran
  • Integrasi teknologi dan media dalam pendidikan
  • Pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran
  • Psikologi pendidikan dan pengembangan kompetensi peserta didik
  • Kajian kebijakan, manajemen, dan evaluasi pendidikan

Scope (Ruang Lingkup)

  • Teori Pendidikan – Studi filosofis, konseptual, dan penelitian dasar pendidikan.
  • Metode dan Strategi Pembelajaran – Model, pendekatan, serta inovasi dalam proses pembelajaran.
  • Teknologi dan Media Pendidikan – Pemanfaatan e-learning, multimedia, laboratorium virtual, dan teknologi digital.
  • Psikologi dan Pengembangan Peserta Didik – Motivasi belajar, asesmen, pendidikan inklusif, dan pengembangan kompetensi.
  • Kebijakan dan Manajemen Pendidikan – Administrasi pendidikan, manajemen sekolah, pengembangan profesional guru, serta kebijakan pendidikan nasional dan internasional.
  • Inovasi dan Praktik Terbaik – Studi kasus, pengalaman lapangan, dan praktik pendidikan yang terbukti efektif.