Educational Frontiers: Theory, Practice, and Innovation berkomitmen untuk menjunjung tinggi standar tertinggi dalam etika dan integritas publikasi ilmiah. Kebijakan ini berlaku bagi seluruh pihak yang terlibat dalam proses penerbitan, termasuk penulis, reviewer, editor, dan penerbit.

1. Tanggung Jawab Penulis

  • Menjamin bahwa naskah bersifat orisinal, bebas dari plagiarisme, dan belum pernah dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan di jurnal lain.
  • Menyajikan data dan temuan penelitian secara akurat, transparan, serta sesuai dengan metodologi ilmiah dan pendidikan.
  • Memberikan pengakuan kepada individu atau institusi yang berkontribusi signifikan terhadap penulisan naskah.
  • Mengungkapkan sumber pendanaan atau dukungan institusional, apabila ada.
  • Segera melakukan koreksi atau penarikan artikel apabila ditemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan.

2. Tanggung Jawab Reviewer

  • Menilai naskah secara objektif dan adil tanpa bias pribadi atau konflik kepentingan.
  • Memberikan masukan yang konstruktif, jelas, dan berbasis bukti untuk meningkatkan kualitas naskah.
  • Menjaga kerahasiaan naskah serta tidak memanfaatkan isi naskah untuk kepentingan pribadi.
  • Menyelesaikan proses penelaahan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

3. Tanggung Jawab Editor

  • Membuat keputusan penerbitan berdasarkan mutu akademik, relevansi, serta kesesuaian dengan fokus dan ruang lingkup jurnal.
  • Menjaga kerahasiaan seluruh naskah dan memastikan integritas proses double-blind peer review.
  • Mengungkapkan dan mengelola potensi konflik kepentingan secara bertanggung jawab.
  • Mengambil tindakan yang tepat apabila terjadi pelanggaran etika, termasuk plagiarisme, pelanggaran etika penelitian, atau manipulasi data.

4. Tanggung Jawab Penerbit

  • Menjamin independensi editorial tanpa pengaruh komersial maupun institusional.
  • Mendukung penyebarluasan karya ilmiah melalui kebijakan akses terbuka (open access).
  • Menyediakan mekanisme yang transparan dalam menangani dugaan pelanggaran etika publikasi.