PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VIII DI SMP N 5 MUARA BUNGO

Main Article Content

putri ali
Fauziah
Yogi irdes putra

Abstract

Putri Aulia, 2025, “Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII di SMP N 5 MUARA BUNGO”


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar, (2) penggunaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat, dan (3) penggunaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 5 MUARA BUNGO.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental, dengan jumlah sampel 46. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, soal tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji validitas, dan uji reliabilitas, uji daya beda, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.


Berdasarkan nilai uji-t mandiri pada nilai minat belajar, nilai sig. adalah 0,000 < 0,05 dan thitung adalah 6,715 > ttabel 2,015 dan uji-t mandiri pada nilai minat belajar diperoleh nilai sig. adalah 0,001 < 0,05 dan thitung adalah 3,471 > ttabel 2,015. Jadi dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh penggunaan pembelajaran Diferensiasi terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 5 MUARA BUNGO.


Kata Kunci: Pembelajaran Terdiferensiasi, Minat dan Hasil Belajar.

Article Details

Section
Articles