PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS XI AKUNTANSI SMK N 3 BUNGO

Main Article Content

tika kurnia

Abstract

 







Tika Kurnia, 2025.






“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI Akuntansi SMK N 3 Bungo”. Skripsi, Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo.


 







Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Bungo.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Bungo yang berjumlah 37 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas eksperimen sebanyak 19 siswa yang diberi perlakuan dengan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8, dan kelas kontrol sebanyak 18 siswa yang belajar tanpa perlakuan khusus. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur motivasi belajar serta tes pilihan ganda untuk menilai hasil belajar, keduanya telah diuji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif Macromedia Flash 8 berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi serta nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji Independent Sample Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < α = 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, media interaktif ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.


 


Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Macromedia Flash 8, motivasi belajar, hasil belajar, TIK

Article Details

Section
Articles